Cara Membuat Aplikasi dengan Menggunakan Microsoft Access
A.
Memulai
Microsoft Access
Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat
membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif
singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil.
Misalnya Program untuk Kasir di koperasi, penjualan untuk toko, dll. Ada
beberapa bagian yang sering digunakan di Microsoft Access, yaitu :
1. Table
: digunakan untuk menyimpan data
2. Query
: digunakan untuk memanipulasi data
3. Form
: digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah
data dll.
4. Report
: digunakan untuk membuat laporan
Tampilan
Microsoft Access 2010
Kita akan membuat sebuah aplikasi yang
akan digunakan oleh suatu koperasi, untuk mempermudah koperasi tersebut dalam
memanagement setiap transaksi dan mempermudah pekerjaan dalam pemasukan data,
pembuatan query dan masih banyak lagi
.
B.
Membuat
Table Koperasi
a.
Membuat Blank Database
1. Setelah
membuak Microsoft Access, selanjutnta klik Blank Database, kemudian beri nama
file name dengan nama “koperasi” atau nama lain sesuai dengan kebutuhan, yang
penting diingat-ingat aja.
2. Gambar
folder di sebelah kanan kolom file neme untuk menentukan tempat dimana kita ingin
menyimpan database yang akan kamu buat.
3. Klik
create jika sudah memberi nama tersebut, kemudian save
Inilah tampilan lembar
kerja Microsoft Access
b.
Membuat Table
Klik icon yang dilingkari merah
Beri nama tabel yang akan kita buat
dengan nama koperasi, kemudian klik OK
Yang perlu diperhatikan
dalam table diatas adalah :
1) Tabel
·
Primary key
Field yang jadi
patokan, seperti field Kode atau yang lainnya.
·
Field name
Field itu adalah judul
dari tiap data-data yang akan dimasukkan.
·
Data type
2) Field
properties
·
Field size
Field size digunakan
untuk menentukan ukuran maximal dari karakter yang dapat dimasukkan ke dalam
table.
·
Format
Format digunakan untuk
menentukan format penulisan data.(misalnya ketika kita memilih date/time pada
data type maka kita bisa memilih general date, long date short date, dsb sesuai
selera
No.
|
Field
Name
|
Data
Type
|
Description
|
1
|
Kode
barang
|
Text
(5)
|
Kode
barang
|
2
|
Tanggal
|
Date/Time
|
Tanggal
transaksi
|
3
|
Vendor
|
Text
|
Pemasok
|
4
|
Nama_Barang
|
Text
(15)
|
Nama
barang
|
5
|
Harga_Beli
|
Currency
|
Harga
barang yang dibeli
|
6
|
Jumlah
|
Number
|
Jumlah
pembelian
|
7
|
Satuan
|
Lookupwizard
|
Satuan
barang
|
8
|
Harga
Jual
|
Currency
|
Harga
barang yang dijual
|
Nb:
·
Pada pengisian vendor diisi text dulu,
karena nanti kita akan menggantinya dengan Lookupwizzard setelah membuat table
vendor
·
Berikan primary key pada table
Kode_Barang
·
Berikut ini tutorial keti pemilihan
lookupwizzard pada field satuan:
Pilih i will type the values that i
want, klik next
Masukkan
data-data satuan, seperti Kardus, Botol, Krak, Slop,dll nanti bisa ditambahkan lagi,
next
Pada allow multiple values dicentang
FINISH
Setelah
Table koperasi selesai di desain klik icon
view
Selanjutnya kita buat table baru dengan
nama vendor.
1. Klik
menu create dahulu, kemudian pilih table
2. Kembali
ke menu home dan klik design table, save dengan nama vendor
3. Isi
table dengan design seperti berikut:
4. Kalo
sudah klik view
Selanjutnya
design lagi table koperasi yang pertama kali kita buat, lakukan perubahan pada
data type vendor diganti menjadi lookupwizard :
Pilih
yang atas dan klik next
Pilih table vendor, klik next
Masukan
field nama saja dengan klik tombol yang dilingkari merah, next
Isikan dengan nama “nama”, next
Next
Klik finish
Ø Setelah
table selesai dibuat, selanjutnya masukkan data-datanya ke dalam table
·
Dimulai dari table vendor
·
Selanjutnya mengisi table koperasi
C.
Membuat
Query Koperasi
Langkah-langkah dalam membuat Query
1.
Klik menu create kemidian pilih Design
Query
2. Kemudian
kita disuruh untuk menentukan table mana yang akan kita gunakan, masukkan table
koperasi (doble klik/klik add). Dan jika sudah di add (table koperasinya), klik
close
3. Memasukkan
field-field yang akan di tampilkan
4.
Memasukkan criteria yang akan di
tampilkan
Klik RUN jika kriteria sudah ditentukan
5. Save
Query dengan nama terserah anda
1. Contoh
penggunaan criteria
Menampilkan
data dari table koperasi dengan kategori “kode diawali huruf M”
o
Ketikkan m* pada field Kode_Barang
(lihat gambar dibawah)
Menampilkan
data dari table koperasi dengan kategori “kode diawali huruf M atau yang ada
huruf B-nya”
o
Tambahkan *b* pada filed Kode_Barang
2. Contoh
penggunaan rumus pada field dengan membuat field baru
Membuat
Field baru dengan nama Diskon dengan ketentuan mendapat diskon jika jumlah
pembelian lebih dari sama dengan 10
o
Ketikkan Diskon: IIf([Jumlah]>=10;"dapat";"tidak")
Secara
umum rumus yang digunakan di Microsoft Access sama dengan rumus yang digunakan
pada Microsoft Excel hanya saja beda-beda dikit, seperti IF menjadi IIF
Dari
kriteria dan rumus yang tadi sudah dicontohkan, jika kita klik RUN maka akan
jadi seperti ini
D.
Membuat
Form Koperasi
Kita
akan menggunakan form design agar bisa dibuat sesuai dengan keinginan kita,
kita buat dulu form untuk koperasinya
1. Klik
menu Create
2. Pilih
icon form design,
3. Klik
add exiting fields
Double klik semua field yang ada di
tabel koperasi
4. Drop
semua field yang sudah dimasukkan kemudian klik tool align left (tekan CTRL-L)
agar data yang ditampilkan nanti lebih rapi
5. Menambah
text box Diskon
§ klik
text box, dan tentukan dimana kita akan menaruhnya
§ ganti
namanya menjadi diskon
§ pada
box unbound klik kanan kemudian pilih properties, maka akan muncul kotak dialog
properties
§ lihat
pada tab all kemudian pada =IIf([Jumlah]>=10;"10";"0
§ ubah
format jadi percent
§ tambahkan
label di sampingnya dengan cara klik unbound dari diskon, seperti gambar
berikut
Jika muncul table error klik ignore
§ dari
rumus diatas didapat keterangan bahwa kita akan dapat diskon 10% untuk pembelian
lebih dari sama dengan 10
6. Membuat
text box total pembelian
§ langkah-langkag
yang dilakukan pada dasarnya sama dengan membuat text box diskon, cuman ada
perbedaan rumus dan format yang digunakan.
§ Masukkan
rumus pada control source sebagai berikut:
= ([Harga_ Beli
Barang]*[Jumlah])-([diskon2]/100*([harga_Beli Barang]*[Jumlah]))
§ Data
format dikosongin aja tidak apa
§ Nanti
akan jadi seperti ini:
7. membuat
text box total penjualan
§ property
sheetnya:
§ rumus:
=[Jumlah]*[Harga_Jual Barang]
§ Hasil
:
8. Membuat
text box keuntungan
§ property
sheetnya:
§ Rumus
:
§ Hasil
:
Semua
sudah dibuat kini tiggal variasi saja, seperti penambahan tombol
new,
save,quit agar lebih tampak seperti aplikasi.
9. menambahkan
tombo
§ klik
icon button
§ Tentukan
dimana icon tersebut akan di letakkan
§ Kemudian
akan muncul kotak dialog tombol sebagai variasi: command button wizard
§ Untuk
membuat tombol new lihat pada kategori record operations dan pilih add new
record pada actions. Untuk tombol quit aplication ada pada kategori
application.
§ Klik
next
§ Pada
gambar diatas jika kita centang text, maka tombol yang kita buat akan berupa text,
sedangkan picture maka akan berupa gambar, oke kita klik finish aja. Untuk
tombol-tombol yang lain caranya sama.
10. Klik
view jika dirasa sudah bagus design formnya Ini adalah hasilnya:
Akhirnya
form koperasi sudah dibuat form vedor caranya juga sama koq dengan form
koperasi, malah lebih mudah, karena tidak menambahkan textbox, hanya memberi
button agar tampak lebih seperti aplikasi.
E.
Membuat
Report Koperasi
1) Aktifkan
dulu tabel koperasi
2) Klik
Report
Hingga muncul tampilan seperti ini :
Dari
gambar di atas kita tau bahwa posisinya masih acak-acakan atau tidak rapi, maka
kita rapikan dahulu.
3) Klik
anak panah bawah pada icon view dan pilih design view atau jika kurang jelas
bisa gunakan layout view
4) Ini
adalah contoh editing dengan layout view
5) Ini
adalah contoh editing dengan design view
6) Jika
sudah dirapikan cukup disave dengan nama koperasi
Untuk
membuat report vendor caranya sama dengan membuat report koperasi
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Microsoft Access adalah suatu aplikasi
yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang
relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang
kecil. Misalnya Program untuk Kasir di koperasi, penjualan untuk toko, dll.
Penggunaan aplikasi Microsoft Access ini
sangatlah mudah dibandingkan dengan aplikasi lain yang kegunaannya sejenis, ini
memungkinkan setiap orang dari kalangan apapun bisa menggunakan aplikasi
Microsoft Access ini.
Microsoft Access sangat membatu dalam
kegiatan operasional kegiatan UKM yag masih berskala kecil-menengah. Dengan
menggunakan aplikasi Microsoft Access mempermudah pihak UKM dalam menginput
data-data, mengakses data-data, serta mengumpulkan data-data yang diperlukan.
Komentar
Posting Komentar